Langsung ke konten utama

Sejarah Zodiakmu



Zodiak yang merupakan sebuah sabuk melingkar sebesar 180 yang berpusat pada lingkaran ekliptika berasal dari bahasa Latin, Zoodiacos Cyclos, yang berarti lingkaran hewan. Pada sabuk ini terdapat 12 buah rasi bintang. Ke 12 rasi bintang digunakan dalam ramalan bintang yang umumnya dikenal sebagai horoskop atau ramalan zodiak.  


          
        Zodiak dipercaya sudah berumur 3.000 tahun. Zodiak dipercaya dipergunakan pada zaman Mesir kuno serta Babilonia. Zodiak bermula pada 1000 SM dimana seorang astronom dari Babilonia membagi langit menjadi 12 bujur untuk menciptakan sistem koordinat yang digunakan dalam kalender bangsa Babel. Dari system koordinat inilah planet-planet sekitar bumi ditemukan. Berdasarkan data documenter, Zodiak juga digunakan pada zaman Romawi. Romawi mendapat sistem Zodiak dari seorang astronom dari Babilonia juga. Pada zaman ini pemimpin Romawi menggunakan zodiak sebagai alat untuk mengambil langkah-langkah dan keputusan-keputusan yang tepat dalam mempertahankan kepentingan dan kekuasaan yang mereka miliki.

Bukti penemuan bahwa zodiak sudah berada pada 1 SM adalah dengan ditemukannya dua buah batu bertuliskan bahasa Asiria yang kemudian dinamakan sebagai Stars of the Plough

Kedua batu tersebut ditemukan di perpustakaan Raja Ashurbanipal yang merupakan penguasa Asyur pada tahun  626 – 669 SM. Batu tersebut berisi tentang semua ilmu pengetahuan astronomi yang dimiliki oleh bangsa Mesopotamia pada 7 SM. Stars of the Plough membagi langit di bagian Timur menjadi tiga bagian. Bagian Utara berisi rasi bintang Cancer, Leo, dan Ursa. Bagian Tengah berisi Pisces, Aries, Taurus dan Pleiades. Bagian Selatan berisi Scorpio, Sagitarius, Capricorn dan Aquarius. Ketiga bagian ini kemudian dibagi lagi menjadi 12 bagian. Berdasarkan penemuan Asiria, ditemukan bukti sejarah yang lebih jelas, yang dinamakan sebagai Apin Mul.

Pada Apin Mul, rasi bintang digambarkan dengan lebih jelas dan teliti. Bentuk dan struktur lebih terlihat dan detail. Dalam merancangkan system yang tepat mereka mengalami kesulitan dalam menetapkan Vernal Equinox yang merupakan awal dari segala rasi bintang. Rasi bintang pertama dipercayai dipegang oleh rasi bintang Aries. Berdasarkan posisinya maka Aries merupakan lambang dari musim semi.


Zodiak aquarius
                                                                                                                 21 Jan – 19 Feb

Berdasarkan mitologi Yunani, Dewa Jupiter jatuh cinta kepada seorang pemudi cantik bernama Ganymede yang merupakan anak dari raja Troy. Dewa Jupiter dalam rupa elang membawa pemudi ini ke Olympus, tempat kediamannya. Tak lama kemudian ia menjadi pemuda yang bertugas menyuguhkan air dalam gentong kepada para dewa. Aquarius dianggap bertanggung jawab atas pencurahan air terhadap bumi. Dengan airnya Aquarius memusnahkan bumi dan Zeus memulainya kembali.
Kecantikan Aquarius membuat orang yang berada di rasi bintang ini memiliki kreativitas dan gemar akan seni dan budaya. Berpenampilan menarik dan menawan seringkali melekat pada jatidiri Aquarius. Kelembutan, ketenangan dan kecerdasan adalah ciri khas dari Aquarius.

Zodiak Pisces   
                                                                                                               20 Feb – 20 Mar

Dalam mitologi Yunani – Romawi, lambang Pisces adalah lambang penyelamatan diri. Hal ini terjadi ketika Aphrodite, dewi kecantikan dan Heros anaknya sedang dikejar oleh Typhon raksasa. Mereka merubah dirinya menjadi ikan dan meloloskan diri dari kejaran tersebut. Agar tidak terpisah ekor mereka diikat satu dengan yang lainnya.
Mitos ini yang dianggap sebagai pelandasan atas sifat penyendiri Pisces yang selalu melarikan diri dari jatidiri yang sesungguhnya. Mereka juga tergolong emosional dan plin plan dalam mengambil keputusan.

                
Zodiak aries
                                                                                                               21 Mar – 19 Apr

Rasi bintang Aries digunakan sebagai pertanda untuk panen dan menanam kembali lahan pertanian. Mitos Babel, Mesir, Persia dan Yunani mengenal Aries sebagai bintang Ram. Ram adalah serupa dengan domba jantan. Dalam mitologi Yunani, Ram adalah domba jantan yang dikirim oleh dewa Hermes untuk menyelamatkan kedua anak dari raja Thessaly yang sedang disiksa oleh ibu tiri mereka.
Petualangan si domba jantan membuat Aries menyukai tantangan dan tidak menyukai hal yang monoton. Sifatnya yang maju terus pantang mundur menjadikan Aries keras kepala dan sulit untuk dinasehati. Aries adalah tipe yang patuh jika ia merasa orang yang memberikan perintah berkuasa atas dirinya.

Zodiak taurus
                                                                                                               20 Apr – 20 Mei 

Rasi bintang Taurus menandakan bahwa saatnya ternak-ternak dikembangbiakkan ditemani dengan damainya suasana pegunungan dan kicauan burung nan merdu. Taurus dilambangkan sebagai sapi jantan atau banteng putih yang dipuja oleh berbagai bangsa pada zaman itu. Berdasarkan mitos Babilonia, Taurus adalah kutukan dari dewi Venus yang ditolak cintanya oleh Gilgames. Venus meminta Zeus membuatkan banteng di langit untuk menghancurkan Gilgames.
Namun terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa Taurus adalah lambang kemarahan Poseidon sebagai dewa laut terhadap raja Minos yang menolak untuk mengorbankan banteng putih. Poseidon lalu meracuni istri raja Minos, sehingga istri raja Minos bersetubuh dengan banteng putih tersebut serta melahirkan apa yang dikenal dengan Minatour. Minatour adalah makhluk setengah manusia dan setengah hewan. Untuk menyembunyikan aib tersebut raja Minos membangun sebuah labirin untuk menyembunyikannya. Semenjak itu Taurus merupakan lambang nafsu kebintangan manusia, yang lebih sopan dikenal dengan seksualitas. Berdasarkan perlambangna banteng tersebut Taurus seringkali dikaitkan dengan kesuburan, kekuatan yang solid dan bersahaja serta kekayaan. Hal ini mungkin dikaitkan dengan penggunaan banteng putih sebagai alat pembajak sawah yang kemudian hari menghasilkan banyak rejeki bagi pemiliknya. Watak dan sejarah banteng putih membuat orang yang bernaung dalam rasi bintang taurus sebagai orang yang tangguh dalam mencapai cita-citanya serta mampu mendobrak kesukaran apapun yang merintanginya. Namun kelambatan dan kemalasan mereka seringkali menjadi batu sandungan. 
            
Zodiak Gemini
                                                                                                                  21 Mei-21 Jun

Gemini menandakan saat penyerbukan bagi bunga-bunga di padang rumput. Dalam mitologi Yunani, Gemini merupakan lambang anak kembar yaitu Castor dan Pollux. Mereka berdua adalah keturunan dari Zeus dengan Leda. Mereka berasal dari satu telur. Pada suatu ketika Zeus mengirim si kembar untuk memperoleh bulu domba emas. Dalam perjalanannya Castor terbunuh dan Pollux menjadi murka karena kehilangan saudara yang sangat ia kasihi. Oleh karena itu maka Zeus menaruh mereka sebagai anak kembar yang berdampingan di langit.
Berdasarkan cerita di atas, Gemini sering kali dikarakterkan sebagai orang yang cerdik, tepat dan cepat serta berpengetahuan yang luas. Hal ini berkaitan dengan cara-cara Castor dan Pollux untuk mendapatkan bulu domba emas. Kemurkaan Pollux dan kekecewaannya tercermin dalam sikap Gemini yang suka berubah-ubah sesuai dengan keinginan hatinya.

Zodiak Cancer
                                                                               21 Jun – 22 Jul

Cancer adalah rasi bintang yang menandai bermekaranya bunga-bunga dan buah-buahan mulai matang. Cancer dilambangkan sebagai kepiting. Dalam metologi Yunani, kepiting adalah hewan yang dikirim oleh Dewa Hera untuk mengalihkan perhatian Hercules dalam pertarunganya dengan Hydra. Hercules menghancurkan kepiting tersebut dengan kakinya atas jasanya, Hera menaruh sang kepiting di langit.
Cangkang kepiting yang keras melambangkan watak Cancer yang selalu bersandar kepada orang lain yang dapat ia andalkan. Kehancuran cangkang dan kemampuan capit dari kepiting seringkali menjadikan orang Cancer penakut dan hanya menggertak saja. Namun kesetianya dalam mengemban tugasnya patut diacungi jempol.

ZODIAK LEO
                                                                              23 Jul – 22 Agts

Leo menandakan awal panen pertama terutama buah-buahan. Dalam metologi Yunani,  Singa Nemea adalah hewan yang menyebabkan malapetaka bagi manusia yang harus dibunuh oleh Hercules. Dalam pertarunganya, Hercules melemparkan potongan kayu ke arah tenggorokan singa tersebut sehingga ia mati tersedak. Hercules kemudian membungkus dirinya dengan bagian tubuh Singa Nemea tersebut untuk melindungi dirinya dari serangan Hydra. Roh Singa Nemea menemukan jalan ke surga dan mendapat posisinya di langit. Sifat Singa Nemea tercermin dalam Leo. Pujian dan keagungan adalah dambaannya, dan ketika amarah menguasainya, Leo acapkali lupa daratan dan meledak-ledak dalam amarahnya. Walaupun demikian Leo adalah pelindung yang sejati bagi orang yang dicintainya.



Zodiak virgo
                                                                             23 Agts – 22 Sep

Virgo menandakan saat panen hampir tiba dan penduduk disibukkan dengan persiapan untuk penanaman berikutnya. Virgo adalah satu-satunya wanita yang ada dalam zodiak. Virgo dianggap sebagai representasi dari dewi kemurnian, Astarea. Ia tewas ketika menjadi dewi terakhir yang meninggalkan bumi untuk menghindari wabah dari Pandora. Kemurniannya membuat ia mendapat tempat di langit. Sifat feminin dan juga kesempurnaan melekat pada lambang zodiak ini. Orang yang bernaung di bawah zodiak ini memiliki watak yang logis dan kritis dalam berfikir.

Zodiak libra
                                                                              23 Sep – 22 Okt

Udara yang mulai mendingin berbagi tempat peraduan dan berbagi sarang adalah saat yang tepat dalam rasi bintang Libra. Dalam waktu tersebut persiapan untuk panen sudah mencapai final. Dalam mitologi Yunani, Libra adalah Dewi Themis, dewi keadilan yang selalu membawa skala. Mitos ini membuat Libra sebagai negosiator yang ulung dan yakin bahwa kemenangan berada di pihaknya.

Zodiak scorpio
                                                                              23 Okt – 22 Nov

Pada saat rasi bintang Scorpio, semua penduduk menunggu saat yang tepat untuk memanen semua hasil bumi. Berasal dari Scorpius yang berarti kalajengking. Scorpio berhasil membunuh Dewa Orion anak Dewa Poseidon dengan sengatannya yang mematikan. Oleh karena itu maka ekor Scorpio terlihat dijepit oleh Sagitarius dan mengarah ke Libra. Dengan demikian, maka Scorpio dapat dikendalikan. Watak orang yang bernaung dalam Scorpio sangatlah pendendam dan akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghancurkan lawannya setangguh apapun.

Zodiak sagitarius
                                                                              23 Nov – 21 Des

Hasil semua panen disimpan untuk masa mendatang dan bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan jauh, pada waktu rasi bintang inilah yang terbaik. Sagitarius terletak di Bima Sakti.
Sagitarius seringkali dilambangkan menyerupai Centaur. Centaur adalah mahluk mitos dalam mitologi Yunani yang berupa separuh orang dan separuh kuda, ia sedang menarik busur dan anak panahnya. Dalam mitologi Yunani ia bernama Cheiron yang memadu Castor dan Pollux dalam perjalanannya mengambil bulu domba emas. Cheiron adalah mahluk abadi yang tidak dapat mati namun merasakan sakit. Cheiron adalah sahabat bagi para pahlawan dan sesama dewa. Pada suatu hari ia terluka parah dan memutuskan untuk menggantikan posisi Pormetheus. Ia kemudian ditolong oleh Dewa Heracles dan diletakkan di langit sebagai tanda penghormatan baginya. Panah sagitarius melambangkan teorientasinya hidup sagitarius dengan ambisi dan impiannya. Ia memiliki kecepatan berfikir dan bertindak lebih baik dibandingkan orang pada umumnya.


Zodiak Capricorn
                                                                              22 Des – 20 Jan

Pada masa ini masyarakat menanti udara yang mulai menghangat. Capricorn dalam mitologi Yunani disebut sebagai kambing laut. Hal ini berkaitan dengan pelarian Dewa Pan yang menceburkan dirinya ke dalam sungai Nil. Namun hanya badannya yang menjadi ikan sedangkan kepalanya tetap menjadi kambing. Namun terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa Capricorn adalah kambing bernama Amalthe yang memberi makan Zeus ketika ia masih bayi dan Zeus meletakkannya di langit sebagai rasa terimakasihnya kepada Amalthe. Moto maju terus pantang mundur sangatlah cocok untuk Capricorn dan mereka yang bernaung di bawah Zodiak ini diberkahi dengan kesabaran, kelembutan dan hati yang kuat.

Sumber : majalah Skreass SMA 1 Panji (sekolahnya temanku).
Sumber gambar : google.com
 
NB: Pada zodiak Sagitarius, kalimat ketiga dari bawah, entah itu karena aku typo sehingga Hercules menjadi Heracles, atau memang ada dewa bernama Heracles. Maafkan aku. Aku menemukan tulisan ini di laptop file Other Text of Mine yang aku tulis pada 18 September 2012 saat aku kelas 2 Madrasah Tsanawiyah (SMP), dan itu udah lama banget. Maaf ya.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Star is Born PERSIS Aashiqui 2 ? I CAN'T BELIEVE THIS! (Review Film) *Spoiler Alert!

facebook.com/astarisborn2018 hindimusickaraoke.com Baiklah, sebenarnya berat untuk saya menulis ini, tapi saya akan tetap menulisnya sebab ini penting. Film A Star is Born , yang diperankan oleh Lady Gaga dan Bradley Cooper, film 2018, film yang saya ketahui pertama kali lewat lagunya di youtube yakni Shallow (saya suka sekali lagu itu), film yang saya pikir akan menjadi film yang sangat mengesankan buat saya. Tidak ada air mata. Tidak ada hati yang berdebar. Sejak adegan pertama, yakni Jackson menghilangkan kesadarannya sebelum bernyanyi, bernyanyi di atas panggung dengan ribuan bahkan mungkin jutaan penonton di depannya, hati saya berkata “Wah, ini mah kayak film Aashiqui 2,”.  Jika kalian belum menonton film Lady Gaga ini, dan sudah menonton film Aashiqui 2, atau mungkin kalian menemukan tulisan saya ini lalu mencari tahu tentang segalanya, baru menonton A Star is Born setelahnya, maka saya rasa kalian juga akan merasakan hal yang sama seperti saya.

Bekerja Niat Ibadah

Di sini aku tidak bermaksud menggurui siapapun ya, seperti yang sudah pernah aku bilang bahwa I’ll share what I’ve known, jadi kuharap kalian bisa mengerti maksudku. Kita bisa menjadi seperti sekarang ini semata-mata karena Allah, kan ya? Semua sudah diatur. Bagaimanapun kamu mengelak pernyataanku ini, aku tidak akan mengiyakan. Kita sekarang masih hidup di dunia, entah sampai kapan tidak ada yang tau. Memikirkan masa depan itu perlu, emang sangat perlu. Kebanyakan yang kita pikir itu masa depan yang mana sih? Ngaku! Berapa persen dunia dan berapa persen akhirat? Oke, aku juga nggak mau munafik, keknya aku khawatir banget dengan masa depan duniaku, dan masih seringkali tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan akhirat meskipun selalu berusaha untuk lebih mempersiapkan ke sana sih, cuma ya mungkin dosaku masih terlalu banyak, jadi masih seperti ini. Makanya, aku ngajak kalian untuk inget, seenggaknya biar aku dapat poin dari Allah gitu. Kita ini hidup pada zaman yang suda

Ekstrovert dan Introvert

Ekstrovert Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang menyukai interaksi dengan dunia luar. Ekstrovert cenderung lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir. Orang dengan tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Antusias Banyak bicara Tegas Suka berteman bersemangat